Apa bisa akun e-mail dan facebook terhack?




Apa bisa? Karena sy baru saja merasakannya maka jawabanya IYA BISA.
Kronologi :
Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang alayer yang baru kenal internet. Sejak diberi tugas untuk membuat e-mail dan mengirim tugas via e-mail oleh Bapak Guru TIK dimulailah kegemarannya berternak akun e-mail.
Setiap e-mail digunakan untuk keperluan yang beda-beda buat tugas sekolah sendiri, sosial media sendiri, online forum sendiri, belanja online sendiri, game online sendiri, online banking sendiri, virtual storage sendiri, beberapa akun klonengan/iseng sendiri, dll belum lagi Emak Bpk dan adik-adik sy yang masih ingusan sy bikinin juga. Gratis sih :p
Ngga pusing bro ngapalin passwordnya? Nggalah sy kan masih muda dan ingatan masih tajam ‘saat itu’ walaupun beda-beda web password juga beda.
Lah ko iso kena hack?
Lah itu....... -___________- ingatan sy sudah tak setajam dahulu, malas ganti password juga.
Th 2014 sy iseng bikin e-mail dan facebook buat karakter game sy supaya bisa komunikasi dan transaksi jual-beli items game online dengan pemain lain sehingga bisa negoable dalam harga maupun metode pembayaran.
Th 2016 tahun produktive sy jualin semua items karena sudah bertekad bulat buat leave dari dunia yang menghabiskan banyak waktu dan kuota ini.
Dari Maret 2017 toh sy ngga ada transaksi apapun di game 95% items sudah terjual dan ngga buka-buka lagi. Buka FB game-pun cuma buat tanya-tanya kabar pemain lain.
Ehhh... minggu malam 4 Juni kemarin tiba-tiba FB messeger keluar sendiri coba masuk/log in lagi ngga bisa... ada email masuk ke @gmail tulisan dan bahasa pakai arabic gitu pakai google translate intinya link permintaan buat reset password game, ya udah ngga di klik curiga si. Terus tidur deh. Ehh... pagi-paginya ada temen yang WA sambil kasih screenshot “ini elo? Dituduh scemmer tuh”... “di group Turki ngepost jual rare items tapi nipu”
Kaget,  langsung ngecek kondisi karakter terakhir online 12 jam lalu...  harusnya 2 bulan lalu... nyoba masuk gagal. Di reset passwordnya lewat @gmail akhirnya bisa masuk.
Tapi...... naas  facebook game ane udah diambil alih. Keterangannya password diganti 12 jam lalu. Buka email @yahoo yang terhubung ke facebook tak bisa passowrd salah mulu. Reset password email pun tak bisa nomor ponsel sudah di ganti pakai punya dia. Wasallam deh... langsung kan panik hubungin temen-temen game kalau akun ane di bajak dan tolong diabaikan/di report/di block.
Kenapa elo ngga berusaha ngembaliin facebook elo?
Pertama, yakin dah kalau yang ngambil alih FB berawal dari e-mail @yahoo yang terhubung tidak pernah diganti passwordnya sejak dibuat tahun 2014. -_- salahkan kecerobohan diri sendiri. Padahal udah sering baca berita kalau Yahoo tuh beberapa kali kebobolan data pengguna, banyak yang dicuri. Dapat peringatan buat ganti password segera juga tapi saat itu dipikiran ane, coba hack aja lagian akun ngga penting kok wkwkwk. Kejadian kan....
Kedua, e-mail @yahoo personal information ane udah diganti punya dia.
Ketiga, kalau dibuktiin pakai KTP dan foto juga ngga bisa karena nama FB game ane beda sama real name dan ngga ada foto wujud asli ane di FB itu. Tuh kan jadi pusing Kak Emma... Ikhlasin aja lah sambil mikir ane pernah ngga ya ngechat mesum eh ngechat yang bisa bunuh karakter ane di real life ngga deh kayanya.
Keempat, itu cuma FB dan e-mail buat game, yang emang hampir 3 bulan ngga dimainin karena bertekad ngga balik lagi.
Kelima, reputasi ane yang jujur dan amanah selama ini tercemarkan karena facebook itu dipakai buat nipu orang tapi yang dicemarkan kan bukan nama asli ane jadi ya kondisi ane aman di real life. Ane juga sudah buat klarifikasi di halaman depan karakter ane kalau FB ane udah di hack hindari, abaikan, laporkan,  unfriend, blokir aja.

Saran buat yang ngga pingin kena hack:
Menjaga akun email :
1.      Tidak menggunakan password yang mudah ditebak oleh oranglain.
2.      Rutin ganti password minimal 3 bulan sekali
3.      Tambahkan two-factor authentication
4.      Jangan gunakan password yang sama dengan akun facebook
5.      Tambahkan alamat email alternatif untuk membantu mengembalikan akun kamu kalau terkunci.
6.      Tambahkan beberapa nomor ponsel yang bisa diakses saat kamu butuh bantuan untuk mengembalikan akun kamu kalau terkunci.
7.      Hindari memasukan email/log in facebook di situs-situs sembarangan.

Menjaga akun facebook :
Poin 1-6 sama.
8.      Dibagian pengaturan tambahkan orang kepercayaan kamu sebagai ahli waris facebook kamu jadi jika suatu saat tak terduga kamu meninggal ada yang ngelola akun mu dan menghindari akun disalahgunakan oranglain.
9.      Gunakan semua fasilitas keamanan ekstra yang ditawarkan facebook guna mengamankan akun kamu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa bisa akun e-mail dan facebook terhack?"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar baik saran maupun kritik. Komentar yang masuk akan muncul pada kolom komentar setelah di approve. Terimakasih atas pengertiannya.