Berpindah Kepesertaan dari Askes ke BPJS Kesehatan Perseorangan/Mandiri

Ceritanya tanggal 23 kemarin ane berobat ke RS lewat jalur umum terus ditanya dokternya kira-kira begini, "punya kartu BPJS ngga?"  'ngga' , "Ini resepnya saya kasih 2 minggu aja ya nanti kalau kontrol kesini jangan lupa bikin kartu BPJS dulu" 'oh obatnya banyak ya dok?', "iya mahal, belum sesi terapinya" 'oh begitu' ...
Sampai rumah browsing2 deh syarat dan cara daftar BPJS Kesehatan yang ternyata bisa daftar secara online juga loh. Eehh, pas ane masukin NIK ada peringatan kalau ane udah terdaftar, piye toh...
Sebelumnya ane memang terdaftar di Askes-nya bokap ane bersama keluarga karena ane udah lulus kuliah maka sekarang bukan termasuk tanggungan Askes lagi. Secara Askes berubah nama jadi BPJS Kesehatan nama ane masih terdaftar di databasenya tapi dalam status non-aktif atau tidak bisa dipakai.
Untuk mengurus perpindahan dari keanggotaan Askes lama ke BPJS Kesehatan tidak bisa dilakukan secara online harus lewat kantor cabang terdekat begitu kata si mimin.
Esoknya ane ke kantor cabang BPJSK dan tanya ke Pak Satpam/penjaganya. 
ane : Pak, apa bisa mendaftar BPSK Kesehatan sendiri karena anggota keluarga sudah terdaftar di Askes.  
ps : bisa. bawa syarat-syaratnya?
ane : apa itu syaratnya?
ps : KTP Asli, Kartu Askes Asli, Kartu Keluarga Asli, dan Buku Tabungan Asli ( BRI/ BNI/ BTN/ Mandiri)
ane : iya bawa semua.
Abis itu ane dikasih formulir gitu diajarin juga cara ngisinya. Untuk yang pindah ke BPJS Kesehatan cuma ane ya jadi dicantumin nama ane doang.
Keterangan :
KK nya ane bawa punya orangtua secara ane belum punya KK sendiri
Buku Tabungan ane bawa punya  sendiri
Kartu Askes berhubung punya ane udah lenyap ane bawa punya bokap
KTP punya sendiri yang asli dong
Udah itu doang abis ngisi formulir terus dikasih nomor antrian sama Pak Satpam dicekin, berkas lengkap boleh masuk. Baru masuk ane langsung dipanggil secara ngga ada oranglain yang antre.
Terus duduk bilang mau daftar BPJS Kesehatan tapi dulu pernah terdaftar di Askes. Langsung di proses cepet ko ngga nyampe 10 menit mungkin dicetakin nomor virtual account untuk pembayaran iuran pertama paling cepat 14 hari lagi disitu tercantum tanggal kapan kita harus melakukan iuran pertama.
Iuran pertama ane tanggal 7 Juni, jadi nanti setelah membayar iuran pertama bawa struk/bukti pembayaran ke kantor cabang lalu baru dicetakin kartu BPJS Kesehatan :) .

Oke, segitu dulu... untuk syaratnya kurang tahu apakah setiap kantor cabang itu sama atau tidak seperti diatas. Ane daftar di kantor cabang Purbalingga. Kalau mau pindah kelas keanggotaan bisa loh misal dari kelas II ke kelas I tapi dengan syarat sudah aktif sebagai peserta minimal 1 tahun.

Oia untuk iuran perbulannya :
Kelas I    : Rp 80.000
Kelas II   : Rp 51.000
Kelas III  : Rp 25.500


Update 7 Juni (kartu sudah dapat diambil setelah membayar iuran pertama)



Semoga Bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berpindah Kepesertaan dari Askes ke BPJS Kesehatan Perseorangan/Mandiri"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar baik saran maupun kritik. Komentar yang masuk akan muncul pada kolom komentar setelah di approve. Terimakasih atas pengertiannya.