Sinopsis The Wizard of OZ (film)



Dorothy tinggal di Kansas dengan Paman (Henry Gale) dan Bibi-nya (Em Gale) yang memiliki peternakan ayam. Toto (anjing peliharaan Dorothy) mengganggu kucing Miss Gulch dan Miss Gulch memukul Toto. Dorothy mengungkapkan kekesalannya kepada Paman, Bibi, Hunk, Hickory, dan Zeke. Namun mereka tidak menganggap serius keluhan Dorothy.


Suatu hari wanita kaya di daerah itu (Miss Gulch) mengaduh kepada Paman dan Bibi Dorothy bahwa Toto menggigitnya dan wanita itu akan membawa Toto ke Polisi untuk dimusnahkan. Didalam perjalanan ke kantor Polisi, Toto meloncat dari keranjang dan kembali ke rumah. Dorothy yang khawatir akan keselamatan Toto memutuskan untuk kabur dari rumah bersama Toto.


Di tengah perjalanan kabur mereka bertemu Proffesor Marvel (peramal palsu yang baik). Dorothy meminta Marvel mengajak mereka ke Eropa. Marvel berpura-pura akan memutuskan melalui bola ajaib. Marvel meyakinkan Dorothy bahwa Bibi-nya sedang sedih sampai sakit ditinggal Dorothy, Dorothy pun memilih bergegas pulang ke rumah. 


Namun cuaca buruk dan angin beliung mengobrak-abrik tempat tinggalnya. Sesampai di rumah Dorothy tidak bisa menemukan Bibinya. Dorothy terjebak di rumah sendirian di tengah badai angin yang dahsyat. Dorothy pun jatuh pingsan setelah terbentur jendela yang melayang.


Saat terbangun dia menyadari rumah itu terbawa badai dan kemudian menghantam negeri yang asing. Setelah pintu rumah dibuka dia terpesona menjumpai MunchkinsLand. Dia bertemu dengan penyihir baik dari Utara bernama Glinda. Glinda dan para kurcaci Munchkins mengucapkan terimakasih karena Dorothy sebagai pahlawan telah berjasa melenyapkan penyihir jahat dari timur (rumah Dorothy jatuh tepat menghantam penyihir timur).




Kemudian munculah penyihir dari barat adik penyihir timur yang menginginkan selop ruby milik Kakak nya. Namun, Glinda telah memindahkan  selop ruby itu ke kaki Dorothy. Merasa tak punya kekuatan di MunchkinLand. Penyihir barat mengancam suatu hari akan membuat perhitungan.
Dorothy ingin kembali ke Kansas tapi tidak tahu arah pulang dan Glinda menyarankannya untuk menemui penyihir Oz mengikuti jalan berwarna kuning. Glinda berpesan agar Dorothy tidak melepas selop rubynya ditengah perjalanan.


Disaat kebingungan Dorothy bertemu orang-orangan sawah (Scarecrow). Dorothy membantunya melepaskan diri dari ikatan.  Setelah menjelaskan Dorothy sedang mencari penyihir Oz, Scarecrow ingin ikut siapa tahu penyihir Oz bisa memberinya otak agar bisa berpikir.


Di hutan mereka bertemu manusia kaleng (Tin Woodman) yang berkarat. Dorothy dan Scarecrow membantu meminyaki tubuhnya agar bisa digerakan lagi. Tin menyatakan ingin memiliki hati. Penyihir barat ternyata mengawasi mereka sepanjang perjalanan melalui bola kristal.


Di tengah perjalanan mereka bertemu singa yang penakut yang ingin memiliki keberanian. Mereka berlima bersahabat berjalan menuju kota Zamrud untuk mencari sang penyihir Oz untuk mengabulkan permohonan mereka.



Ketika melalui taman bunga Dorothy, Toto, dan Si singa penakut tertidur terkena sihir kiriman penyihir barat. Lalu Scarecrow dan Tin berteriak-teriak meminta bantuan. Glenda mendengar dan membangunkan mereka dengan salju. Dorothy, Toto, dan Si singa melanjutkan perjalanan.



Sesampai di depan pintu kota Zamrud mereka di persilahkan untuk merapikan diri dan bertemu penyihir Oz. Penyihir Oz mengatakan akan mengabulkan permohonan mereka dengan syarat mereka bisa mendapatkan sapu terbang penyihir barat.



Penyihir barat mengirimkan anak buahnya untuk menculik Dorothy. Dorothy dan Toto dibawa ke kastil penyihir barat. Penyihir barat meminta Dorothy melepaskan selop ruby kakaknya tapi Dorothy tidak mau. Penyihir mengancam akan membuang Toto ke sungai, Dorothy pun membolehkan penyihir mengambil selopnya tetapi penyihir tidak bisa, selop ruby itu melindungi Dorothy. Toto berhasil lolos dan meminta bantuan Scarecrow,Tin, dan Si singa untuk membebaskan Dorothy. 


Setelah mengalahkan anak buah penyihir barat, mereka mengambil seragamnya, dan menyusup ke dalam kastil si penyihir. Dorothy pun dapat dibebaskan. Tetapi, si penyihir memergoki mereka.




Si penyihir barat membakar Scarecrow. Dorothy menyiramkan Scarecrow seember air yang juga mengenai si penyihir. Penyihir meleleh dan kemudian menguap lenyap. Penyihir barat berhasil ditaklukan.



Saat kembali ke kota Zamrud untuk menyerahkan sapu terbang permintaan Oz mereka menyadari bahwa Oz adalah seorang penipu. Oz bukanlah penyihir hebat. Oz-pun mengakui hanya orang biasa tapi Oz tidak ada niat jahat.  



Oz-pun mengatakan kepada Scarecrow bahwa setiap makhluk hidup pasti memiliki otak untuk berpikir dan yang membedakannya dengan oranglain hanyalah orang lain belajar di universitas dan memiliki Ijazah. Namun kemampuan berpikir mereka tidaklah lebih dari Scarecrow. Oz pun memberi Scarecrow Ijazah dengan gelar Th.D (Docktor of Thinking). Scarecrow pun merasa jadi orang pintar sekarang.

 
Oz mengatakan bahwa Si singa telah berjasa dan berani menghadapi penyihir barat. Yang membedakannya dengan pahlawan lain hanyalah mereka punya medali maka Oz menganugerahinya medali triple cross. Si singa pun menerimanya dengan bangga.


Oz mengatakan kepda Tin bahwa Tin harusnya merasa beruntung tidak memiliki hati karena hati mudah patah. Orang-orang yang melakukan perbuatan baik disebut berhati mulia tetapi hati mereka tidak lebih besar darinya. Namun, mereka punya satu hal yang tidak dimiliki Tin yaitu, tanda penghargaan. Tin pun diberi tanda penghargaan berupa jam berbentuk hati. Tin kegirangan mendengarkan detakannya.


dan karena Dorothy keinginannya untuk pulang ke Kansas, Oz bersedia mengantar Dorothy ke Kansas karena Oz sendiri aslinya berasal dari Kansas. Saat hendak pulang menaiki balon udara Toto melompat turun. Dorothy pun ikut turun dan akhirnya ketinggalan karena balonnya keburu mengudara. Dorothy sedih tapi Glinda datang dan mengatakan Dorothy masih bisa pulang dengan mengetukan sepatunya tiga kali. Setelah berpamitan dengan teman-temannya Dorothy pun menggumamkan 'tidak ada tempat seperti di rumah'.


Dorothy siuman dari pingsan. Dorothy merasa kejadian itu nyata dia berjanji tidak akan pernah kabur dari rumah lagi karena tak ada tempat seperti rumahnya. Dorothy mengungkapkan rasa sayangnya kepada Paman, Bibi, dan teman-temannya.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Sinopsis The Wizard of OZ (film)"

Silahkan tinggalkan komentar baik saran maupun kritik. Komentar yang masuk akan muncul pada kolom komentar setelah di approve. Terimakasih atas pengertiannya.