Toefl ITP di ELTI Gramedia Purwokerto

Gini tanggal 03 Mei kemarin kan ane ikut Toefl ITP di ELTI Gramedia Purwokerto dan sepertinya ane masih kurang persiapan begitu. Jadi post ini sebagai pengingat juga bagi ane kalau nanti tahun depan mau ambil tes lagi.
Kenapa ambil lokasi tes disana? jawabannya simple karena CS nya paling cepet respon waktu tanya-tanya dari WA dan SMS dijawabin.
Berapa biayanya? 500 ribu
Bagaimana cara daftar dan syaratnya? datang langsung aja cuma mengisi formulir dan melakukan pembayaran.
Paling lambat mendaftar tanggal berapa? tergantung kuotanya sudah terpenuhi atau belum. Toefl ITP diselenggarakan setiap sebulan sekali disana dan tanggalnya tidak tetap. Untuk kuota bulan Mei ada 10 peserta dan saya mendafttarnya di bulan April. Pastikan juga ditanggal tesnya kamu benar-benar tidak ada acara/jadwal karena tidak ada refund kalau sudah membayar tapi tidak bisa hadir saat tes.
Jam berapa tesnya? mulai tes jam 4 sore tapi datanglah 30 menit sebelumnya karena ada sesi pengarahan untuk cara mengisi data peserta ke lembar soal.
Berapa lama sertifikat jadi? sekitar 2 minggu, kemarin tes tanggal 3 dan tanggal 18 sudah bisa diambil. Pasti di SMS kalau sudah  jadi.
Ada nomor CS ELTI Gramedia Purwokerto yang bisa dihubungi? 085747993050
Alamat ? Jalan Jend Gatot Subroto 61 pakai gmaps aja pasti ketemu.

Selanjutnya, ini catatan pribadi aja kekurangan ane pumpung masih fresh ingatan ane :P skor yang  ane dapet 523 ngga sesuai target si. .
-Persiapan Belajar
Kemarin persiapan belajar sendiri 21 hari sudah buat jadwal hariannya juga tapi tidak berjalan dengan baik karena ditengah jalan ane mbelok karena harus belajar buat tes lain di akhir April ugh, mungkin ane perlu gabung bimbel Toefl Preparation supaya lebih fokus.
Harusnya ane mempersiapkan diri 3-4 bulan sebelum hari H bukannya pakai sistem kebut semalam.
Jangan lupa latihan-latihan dan latihan banyak kok free software baik untuk desktop maupun smartphone yang bagus.
Berangkat lebih awal supaya bisa pilih kursi, ini penting bagi ane karena kalau duduk dibelakang suka nervous liat yang lain pada selesai cepat jadi ane pilih kursi depan.

-Saat Berlangsung
Ane tidak mempertimbangkan bahwa mengarsir jawaban pakai pensil itu butuh waktu beberapa detik lebih lama dibanding saat latihan pakai pulpen apalagi kalau harus mengganti/menghapus jawaban, disini ane keteteran.
> listening, ada saat dimana ane bengong karena lupa tadi pertanyaanya apa, dialog ingat pertanyaan malah lupa -_- short memory ane emang payah.
>structure, ini nilai ane paling jelek mana waktu latihan ini yang paling tinggi. sebenernya ane malah waktunya lebih disini ngerasa gampang ngerjainnya tapi malah banyak salah :p hahha
>reading, asli hampir nangis ane disini waktu lihat jam tinggal 10 menit lagi dan soal reading masih ada 20 lebih yang belum diisi. Kan ane emang agak dyslexia ane bilang agak karena belum pernah ane periksakan ini jadi kalau baca itu suka lama dan diulang-ulang. Harusnya tuh ngga usah dibaca semua bacaannya langsung pertanyaanya aja sambil baca cepat tiap paragraf jadi ngga bolak-balik. Waktu liat jam tinggal 5 menit mulailah panic attack ane kambuh penyakit lama dari jaman SMP  udah ngga bisa fokus pakai jurus tembak-menembak deh berusaha diisi semua, nembak tapi ngga boleh sembarangan juga.

 Sekian^^

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Toefl ITP di ELTI Gramedia Purwokerto"

Silahkan tinggalkan komentar baik saran maupun kritik. Komentar yang masuk akan muncul pada kolom komentar setelah di approve. Terimakasih atas pengertiannya.