Refleksi - Michael Jackson

Aku lagi tertarik dengan Michael Jackson sekitar 4 bulan ini. Yah, jadi banyak baca artikel tiada hari tanpa membaca tentang MJ wkwkwkk. Di mulai dari dengerin musiknya dari yang solo album Off The Wall [1979] sampai Michael [2010], mencerna interviews fenomenal-nya (Oprah, Bashir, Diane S, Ed.. etc) . Ternyata banyak banget hal abnormal yang aku baca. Artist kan memang unik dan kehidupan mereka juga unik. Bukan hanya stage performance aja yang menghibur, private life mereka juga bikin geleng-geleng untuk bahan perbincangan.... syalalala...la...

OK, tujuan tulisan ini bukan buat gosip, mendewakan, atau memfitnah. Sekedar opini pribadi, berawal dari cara berpikir ku yang masih black and white hingga menerima adanya gray area yang cuma hamba dan Tuhan -nya yang tahu. Yah, setelah mengamati beberapa forum/community tentang MJ ternyata opini mereka banyak yang berbeda seputar sexuallity ada yang berpendapat dia gay, straight gentleman, womanizer, bisex, asexsual, transgender, pedophile, bahkan ada yang berpendapat MJ meninggal dalam keadaan virgin XD.. ok, dan masing-masing stand/fans punya ceritanya sendiri yang cukup menarik untuk membuktikannya. Menarik? Apakah akurat? Ini salah satu gray area yang biar Tuhan dan yang bersangkutan yang tahu *toh kenapa harus kepo?

Sekarang banyak beredar biografi Michael Jackson dari berbagai sudut pandang. Keakuratan entah manis atau pahit menurut ku yang penting. Jangan langsung menuduh buku ini bohong, buku ini yang benar.  Aku mencoba membaca sebanyak mungkin dan melihat dari berbagai sudut pandang karena pasti ada benang yang saling berhubungan. Yang baru selesai aku baca, yaitu :

[TULISAN INI AKAN AKU UPDATE ** sewaktu-waktu]

 1.       Moonwalk by Michael Jackson, terbit 1988
Manis... semanis premen mengupas perjalanannya dari Gary, Indiana. Menurut ku ini wajib dibaca bagi yang ingin tahu bagaimana MJ memrepresentasikan dirinya ke publik insipratif, menarik, dan tak membosankan.

2.       Dancing The Dream by Michael Jackson, terbit 1992
Isinya poems dan pemikiran MJ mengenai planet, child, heart, love... etc juga banyak  gambar/sketsa/foto  yang keren nan cantik.. mmm yah mungkin karena aku bukan penikmat puisi sesuatu yang puitis itu sulit aku cerna sejujurnya aku berusaha memahami puisi tapi tetap saja aku tak masuk...  tapi asli foto-fotonya cantik.

3.       My Friend Michael By Frank Cascio, terbit 2011
Frank dan cascio’s family bertemu MJ sejak 1984 saat Frank berumur 4th. Frank dekat dengan MJ hubungannya (mentor, teman, bos). Pertengahan 1999  Frank (19th)  mulai menjadi asisten pribadi MJ. Ini perjalanan personal Frank dengan MJ.
Oh, aku suka cerita hantu hotel nya XD. Cerita MJ sebagai ayah dan mentor juga sangat menyentuh dan menginspirasi bikin aku bayangin kalau suatu saat aku punya anak. MJ itu memperlakuan entah itu anak sendiri atau anak orang lain dengan sama besar perhatiannya menurut ku itu keren dan jarang karena umumnya orangtua sangat ketat dan lebih sayang dengan anak sendiri tentu saja, tapi MJ merasa setiap anak di bumi ini ‘anaknya’.
Disini Frank kecil memulai hubungan sebagai teman  bermain prankster, berbagi lelucon, menemani MJ tour, MJ seperti anggota keluarga bagi Frank... kemudian menginjak dewasa diberi kepercayaan menjadi asisten pribadi menyiapkan apa yang MJ butuhkan dan kemudian terlibat dalam bisnis deal dan dunia MJ yang complex. Frank juga melihat sikap MJ berubah setelah kejadian 1993.
Bisa dikatakan dari semua buku yang aku baca sejak kejadian 1993 semua setuju MJ berubah menjadi paranoid merasa orang yang mendekatinya bermaksud buruk dan mengambil keuntungan dari nya. MJ tak suka konfrontasi, MJ akan menjauhi/memutus hubungan dengan orang yang mengajak konfrontasi. MJ selalu punya cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan.
Ada saat Frank dicurigai MJ terlebih pada kejadian 2005 trial.
Kenapa MJ begitu aneh? Kita melihat MJ aneh karena kita tak tahu dunia MJ dan permasalannya itu bukan ‘normal’ seperti kita, sangat complex. MJ punya orang-orang yang bekerja di Neverland (dibagi beberapa department : security, maintenance, grounds, fire department, housekeeping, train station, zoo, amusement park, and movie theater). MJ punya orang-orang untuk memberi masukan untuk bisnis masa depan ada advisers dan staff handler. MJ punya orang-orang menangani kegiatan personal (security, sopir, make up artist, wardrobe, doctors, caretaker). MJ juga punya tim untuk menangani deal dan permasalahannya (lawyers, managers, accountant, publicits). Dan sering kali terjadi konflik antar tim yang saling menjatuhkan.
MJ hanya punya beberapa teman dekat untuk berbagi kehidupan private tapi banyak orang merasa mereka teman dekat MJ, itu karena MJ punya kemampuan untuk membuat semua orang merasa special. MJ paham akan psikologi, spirituallity, dan kekuatan mystery makanya MJ tetap menarik walaupun sudah meninggal banyak rahasia-rahasia yang belum terbuka.

4.       The Magic, The Madness, The Whole Story By J. Randy Taraborrelli
Ini yang paling tebal sekitar 700+ halaman. JRT terbitin buku ini dari 1991 lalu di update secara berkala yang terakhir edisi 2010 (JRT bilang ngga akan update peristiwa-peristiwa yang muncul setelah MJ meninggal). JRT itu dari sudut pandang jurnalist dan udah bikin beberapa biografi lain (Madonna, Beyonce, Diana Ross, Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor, ...etc).
Menurut ku cukup lengkap atau bisa dikatakan secara garis besar terlengkap dari asal usul keluarga MJ, masa kecil, transisi karir dari Motown (group, solo), pernikahan,  sampai chapter rencana legacy MJ setelah meninggal. Ingat karena sudut pandangnya jurnalist jadi banyak mengupas kejadian dibelakang headline berita yang sensasional.
JRT menyembunyikan identitas beberapa nara sumber dengan alasan privasi (akan ditulis sebagai associate, confidante, close friend, witness, employee, family member..) mereka bukan fiksi mereka ada hanya demi keamanan nama mereka tidak dicantumkan.
Yah, aku tahu banyak fans yang tak suka dengan JRT karena mengklaim dulu teman MJ. Tapi tahukah kamu setelah JRT membaca Moonwalk yang super sweet, JRT ingin menunjukan bahwa banyak hal yang MJ sembunyikan dan MJ hanya ingin fans melihat sisi yang  manis. JRT mencoba menampilkan sisi yang ditutupi. Tentunya tidak dengan bekerjasama dengan MJ karena MJ ngga akan honest. MJ sangat peduli dengan public image apalagi setelah 1993. Sayangnya MJ kehilangan kontrol di masa-masa akhirnya.

5.       The Man Behind the Mask By Bob Jones & Stacy Brown, rilis 2005
Stacy itu dulunya dekat dengan kelurga besar Jacksons, tak tau sekarang yah.
Jadi, tahun 2004 Bob Jones dipecat setelah berpuluh tahun (lebih dari 16th) bekerja ke MJ khususnya di bagian Public Relationship (publicity) yang berakhir tanpa pesangon dan tanpa alasan yang jelas tanpa pemberitahuan langsung dari MJ kemungkinan yang mengirim note pemberhentian itu Randy Jackson. Dan Bob Jones itu kecewa berat karena MJ udah seperti anak bagi Jones. Kemudian Jones & Stacy berkolaborasi menulis buku ini. Tulisan asli Jones text nya italic lainnya Stacy.
Aku sendiri menikmati sudut pandang Jones dan tulisannya nyinyir (tapi aku paham dia mantan pegawai yang merasa kerja kerasnya selama 16th+ tidak diapresiasi dengan pemberhentian sepihak seperti itu, seperti penghinaan bagi Jones yang loyal). Dan Jones ingin mengungkapkan uneg-uneg tentang perilaku MJ yang tidak lazim dengan ‘special friends’ selama bekerja.
Apa yang aku dapat dari buku ini? Karena Jones menulis dalam keadaan sakit hati aku paham mungkin ada yang dibesarkan tapi isinya bukan 100% bohong selalu ada unsur kebenaran atau benang dari setiap  sisi cerita. Jones menangani publicity, Jones punya kontrol untuk memberi kisi-kisi pada media apa berita yang harus dihentikan apa yang perlu disebarkan melalui insider. Aku suka mengetahui cara kerja Jackson’s Camp. Dunia MJ seperti sebuah kapal dan MJ kaptennya. Orang-orang yang tak setuju cara MJ akan out.
Jones menceritakan dari sesinya MJ itu selfish,  ambisinya selalu ingin menjadi No.1 di planet ini, manipulative (terlebih pada media), sering pura-pura sakit demi perhatian, haus akan perhatian, dan punya amazing connection dengan anak-anak. Oke, semua orang yang dekat MJ bilang MJ memang punya daya magic MJ seperti tahu apa yang dipikirkan dalam dunia anak-anak (entah itu bayi, balita, anak kecil) so, tentang hubungan dengan anak-anak itu fakta. Tapi, Jones menyatakan terkadang risih, merasa ada yang salah,  dan mencoba memperingatkan MJ tentang bahayanya terlalu dekat dengan anak laki-laki. MJ tidak peduli dan marah pada Jones.
Bob Jones meninggal pada tahun 2008.

6.        The Michael Jackson Tape By Rabbi Shmuley Boteach, terbit 2009
Oke, dulu MJ dan Rabbi punya rencana project Heal The Kids dan membuat buku bertema parenting. Tapi, kemudian project itu terbengkale menurut Rabbi itu karena kemungkinan MJ dipengaruhi advisers-nya dan kemudian tidak mendengarkan nasihat Rabbi.
Dan setelah MJ meninggal si Rabbi merlisi 2 buku (yang 1 belum aku baca) berdasarkan 30 Jam dialognya dengan MJ yang direkam pada pertengahan 2001 sampai 2002.
Ada beberapa hal mencengangkan yang aku baca dari transkrip buku ini, mmm itu seperti MJ terlalu polos, sopan, tapi super smart... mm MJ suka wanita yang berkelas dan smart idolanya Princess Diana. Oh, MJ tidak percaya dengan karma dan menganggapnya hanya teori. MJ benci dengan penuaan. MJ itu sensitive ketika melihat orang apalagi anak-anak yang menderita. MJ suka bertanya hal-hal keagamaan dan pernah senior nya tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan seperti kisah Adam dan Eve. MJ percaya dia diberi kekuatan oleh Tuhan untuk menyentuh hati dan mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.
Menurut ku dialognya worthy untuk dibaca yah karena itu keluar dari bibir MJ bukan analisis dari orang lain yang mengaku dekat. Anda bisa mengambil kesimpulan sendiri, setiap orang punya caranya masing-masing untuk menyimpulkan berdasarkan masing-masing experience.

7. Jacko : His Rise and Fall by Darwin Porter, 2007
Buku ini membahas awal karir MJ sampai MJ menetap di Bahrain setelah 2005 trial. Cukup menarik untuk dibaca dan menghibur.
Hanya buku ini lebih banyak memuat sisi negatif bahkan spekulasi/rumor yang beredar di masa lampau sehingga pembaca lebih sering mengerutkan dahi 'apa ini benar pernah terjadi?'.
Terlalu banyak bumbu, terlebih pada spekulasi MJ homoseksual/pedofile dan hubungannya dengan bintang2 besar lainnya. Sebagai hiburan buku ini enak dibaca untuk mengetahui apa yang ditulis press di masa lampau tetapi terlalu banyak spekulasi.
 
8. Michael Jackson Conspiracy by Aphrodite Jones, 2007
Akhirnya aku baca juga walau belum sampai selesai karena daftar buku lain yang harus aku baca sudah menumpuk dan yang ini termasuk boring! jadi harus disisihkan. Kenapa boring?  aku sendiri sudah membaca transcript trial-nya jadi tidak ada yang benat-benar baru yang aku dapat dari buku ini.
Yang menarik dari awal AJ emang niat nulis buku tentang kasus MJ yang membuktikan MJ betsalah. Bahkan, AJ sewaktu meliput kasus ini ikut menjelek-jelekan MJ di Tv dan radio. EH... setelah di umumkan MJ tidak bersalah, AJ merasa malu dan bersalah??!  AJ menyalahkan media dan teman-teman reporter-nya bahwa opini AJ terbawa dengan mereka. Karena AJ malu sudah koar-koar MJ bersalah eh ternyata tidak terbukti, dia pergi ke depan Neverland menemui para fans MJ  dan berdiskusi dan meyakinkan mereka AJ tidak berniat buruk pada MJ, buat apa? LoL... cuci tangan nie...
Setelah menemui fans AJ punya rencana bikin buku yang membuktikan MJ tidak bersalah, eehhmm karena tahu fans mungkin beli yee buat bahan pembelaan kalau ada haters? Aku ngga bilang AJ tidak boleh berubah pikiran tentang kasus ini hanya cara dia menggambarkan aku tak suka. Aku lebih menghargai  Diane Diamond, ye musuhnya fans, Diane dari awal sampai akhir tetap berpegang teguh dengan posisinya walaupun pengadilan menyatakan MJ tidak bersalah, tapi Diane keukuh dan punya alasan. Lah AJ apa alasannya berubah pikiran? karena ketemu fans MJ? xD
Setiap halaman ada aja yang  bikin geli. AJ terlalu terpesona sama MJ, memuji-muji MJ, pengacara, dan fans-nya,.. menjelek-jelekan media, reporter  lain, termasuk Basir... ugh padahal dirinya sendiri salah satu reporter yang saat itu menjelek-jelekan MJ xD apalagi penyebutan MJ di buku sebagai the pop icon, the king of pop, superstar, yang memuja MJ banget dan penamaan tiap Chapter yang pakai nama lagu-lagu MJ xD. Ini jelas buku buat fans, karena aku ngga mau disebut fans MJ, hanya pengagum maka  buku ini sangat bikin tidak nyaman dibaca.
Ok, jadi menurut ku AJ memposisikan dirinya sebagai fans dan membuat alasan di setiap ketidak wajaran yang MJ lakukan. AJ terlalu berfokus pada dinamika antara fans, media, DA, dan menyampingkan ada satu lagi view yaitu publik yang perlu di eksplor.



Banyak buku yang belum aku baca atau baru aku baca sampelnya.
mmm...
- Untouchable by Randall Sullivan, terbit 2012
Ehem.. yah aku cuma baca sample-nya dan aku tak suka cara penulisan yang mundur-maju-terus  mundur lagi... Aku butuh timeline yang jelas ketika membaca dan aku menemukan kesalahan penulisan event seperti kejadian yang terjadi di MTV Awards 1994 dan 1995. Banyak nya quote dari tabloide seperti bercampur antara ilusi dan realita, lalu cukup banyak mengambil reference dari biographer lain.  Walaupun yah sisi positifnya dia punya narasumber yang kredibel untuk chapter finance dan 2005 trial, yaitu Marc Schaffel dan Tom Mesereau.
Aku pribadi tak akan mengoleksi buku ini kecuali kalau ada revisi dan perlu diperiksa lagi.

-  The King Of Style-Dressing Michael Jackson by Michael Bush, 2012
Bagi yang ingin tahu rahasia dibalik fashion MJ. Ini dia!! Gua rokemdasikan termasuk ini salah satu list buku yang mau aku koleksi (atau ada yang mau nyumbangin aku buku ini?plz wkwkwk). Ok, Michael Bush bekerja ma MJ selama 25 tahun sampai masa terakhir konser This Is It. Setiap unsur dari MJ itu seni dan mystique termasuk kostum-nya.
Ingin tahu setiap detail kostum MJ yang fenomenal? Bagaimana itu outfitnya MJ harus F4 :
FIT, FUNCTION, FUN & FIRST... yes.. yes..yes.. pokoknya aku harus punya buku ini (nabung dolo).. dokumentasinya juga amazing... keren!

-  Remember the Time : Protecting Michael Jackson in His Final Days, 2014 By Bill Whitfield
Aku belum baca, tapi ini dari sudut pandang bodyguards.  Belum bisa komentar. Respon fans si positive karena lebih menggambarkan MJ sebagai seorang ayah sehari-harinya. MJ membuat sarapan dan mencuci pakaian anaknya sendiri. Belum bisa komentar lebih jauh.

- Unmasked: The Final Years of Michael Jackson, 2009 by Ian Halperin
Ini buku yang menggambarkan MJ gay punya hubungan sama seorang aktor dan tukang bangunan. Well, buku ini ngga bagus bukan karena menggambarkan sebagai MJ gay jika buktinya kuat fine tapi aku lihat sampelnya dan ada beberapa kesalahan penulisan. Mau bilang se-akurat apa pun jika sebuah buku ada kesalahan penulisan tingkat kepercayaan jatuh... sorry not buying.

- You Are Not Alone: Michael, Through a Brother's Eyes by Jermaine Jackson, 2011
Emmm... yah aku akan baca buku apapun itu dan ini termasuk melihat dari sisi seorang Kakak tapi yah Jermaine dari history nya MJ menjauhi Jermaine karena Jermaine memanfaatkan nama MJ untuk kepentingannya sendiri (bukan fitnah cuyyy udah banyak yang ngulas termasuk Frank C) . Seperti apa MJ di mata Jermaine? Aku lihat respon untuk buku ini positive. Tapi, di masa-masa akhir MJ memang menjauhi semua orang termasuk keluarga sendiri.
Mungkin buku ini JRT versi ramahnya.

Michael Jackson Conspiracy by Aphrodite Jones, 2012
Buku ini menggambarkan MJ sebagai ‘victim’ konspirasi saat 2005 trial. Dia menyaksikan trial.
Jones sebagai author credibel. Aku belum tertarik membacanya, aku lebih tertarik membaca testimoninya langsung yang sangat panjang. Juga buku ini kabarnya lebih di arahkan ke fans. So, aku sebagai seorang yang ingin melihat segi positif dan negatif belum tertarik membaca ini.

-  Michael Jackson Was My Lover : The Secret Diary Of Jordie Chandler, 1997 by Victor M. Guiterrez
Buku ini menggambarkan MJ sebagai pedophile. Kabarnya Victor bangkrut setelah mengungkapkan di CourtTv pernah menonton rekaman MJ berbuat asusila ke keponakannya lalu MJ menuntut pembuktian rekaman tersebut dan Victor tidak bisa membuktikannya. Emm.. aku tertarik buat membacanya. Buku ini gelap sangat gelap. Aku tidak tidak tahu isinya apa sulit sekali mencarinya karena bukunya langka sekarang mahall boo.

Man in the Music: The Creative Life and Work of Michael Jackson by Joseph Vogel , 2011
MJ dilihat dari  sisi Music nya. Respons pasar sangat positive terutama bagi musisi yang terinspirasi oleh MJ. Buku ini tak sensasional mengulas kehidupan pribadi. Fokus pada karir music dan kreatifitasnya, ya aku tertarik untuk mengoleksi buku ini.


Adakah buku yang kalian rekomendasikan untuk ku? Sampaikan ya :)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Refleksi - Michael Jackson"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar baik saran maupun kritik. Komentar yang masuk akan muncul pada kolom komentar setelah di approve. Terimakasih atas pengertiannya.