Menggunakan Sub Report di Crystal Report

Report di dalam report disebut sub report? Jika Anda ingin menampilkan lebih dari 1 jenis tabel di crystal report Anda bisa menggunakan sub report (maksudnya membuat tampilan lebih dari 1 tabel pada crystal report). 
Disini saya ingin menampilkan laporan nilai mata pelajaran dan nilai ekstrakurikuler per siswa. Di karena kan struktur tabel dimana satu orang siswa mempelajari beberapa pelajaran dan satu orang siswa boleh mengikuti ekstrakurikuler lebih dari satu dan tidak mungkin semua tabel di jejerkan di bagian detail crystal report secara horisontal, inginnya nilai mata pelajaran dibagian atas dan ekstrakurikuler dibagian bawah untuk itu saya menggunakan sub report. Untuk memasukan sub report ke dalam report utama, lakukan langkah-langkah berikut :
--> Pastikan sudah membuat dua report (1 sebagai report utama/master report, dan ke dua sebagai sub report)
Pada  contoh ini report utama/master reportnya berisi nilai mata pelajaran dan sub report nya berisi tabel ekstrakurikuler.
--> Buka master reportnya, kemudian klik kanan pada bagian Group Footer (karena memang saya buat laporannya per group yaitu berdasarkan NIS, sesuaikan section penempatannya dengan kebutuhan tampilan Anda).... pilih Insert--> Subreport
--> Pilih Subreport nya, disini file subreport yang saya buat bernama mix.rpt---> kemudian klik OK

--> Atur posisinya, kemudian klik kanan pada sub report pilih Change Subreport Links...
--> Kemudian hubungkan attribut yang berelasi antara master report dengan subreport , disini ada 3 attribut/fields yaitu nis, tahunajar, dan semester. Kemudian tekan tombol OK.
--> Sekarang dapat dilihat melalui Report Preview, tabel nilai mata pelajaran dan ekstrakurikuler berdiri sendiri dan masing-masing menampilkan lebih dari 1 record. Sehingga ketika nis, tahunajar, dan semester yang sebagai masukan berubah maka data di kedua laporan juga ikut berubah menyesuaikan.


^^ Semoga Bermanfaat ^^

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Menggunakan Sub Report di Crystal Report"

Silahkan tinggalkan komentar baik saran maupun kritik. Komentar yang masuk akan muncul pada kolom komentar setelah di approve. Terimakasih atas pengertiannya.